November 08, 2012

Pengertian Seni Rupa dan Media Seni


Pengertian Seni Rupa dan  Media  Seni


Istilah seni dalam bahasa Inggris disebut art, dalam bahasa latin ars, dan dari bahasa Yunani techne. Techne artinya kemahiran atau keterampilan membuat sesuatu benda. Istilah seni selalu berkaitan dengan keindahan. Keindahan adalah nilai-nilai estetis yang terdapat dalam karya seni. Untuk memudahkan orang memahami dan melihat seni, maka dibuatlah batasan-batasan seni oleh para ahli. Menurut Ensiklopedia Indonesia, seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahan bentuknya orang senang melihat dan mendengarnya.
Karya seni tercipta melalui pilihan media yang beragam. Berdasarkan media yang digunakan, seni dibeda- kan sebagai berikut.
1  Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran (audio art), misalnya seni musik, seni suara, dan seni sastra (puisi, pantun).
2  Seni yang dinikmati melalui media penglihatan (visual art), misalnya lukisan, poster, seni bangunan, seni gerak beladiri, dan sebagainya.
               3 .   Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (audio visual art), misalnya pertunjukan musik, pagelaran wayang, film, dan sebagainya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar